Sabtu, 19 Maret 2011

" Analysa cluster " buat hama dan penyakit Tanaman (spss tutorial)

entri kali ini saya mo ngebahas + berbagi ilmu yang gue dapet dari akademik buat penelitian.. mudah-mudahan berguna ya..

analysa cluster pada prinsipnya digunakan untuk mereduksi data, yaitu proses untuk meringkas sejumlah variabel menjadi lebih sedikit dan menamakannya sebagai cluster. atau omongan dusunnya "mengelompokkan" data yang didapat dari lapangan.. system analisa ini banyak digunakan sama orang-orang ekonomi, kedokteran, dll.. nah kali ini saya akan menggunakannya untuk menganalisa data dari kedokteran (spesialis tumbuhan.. maksudnya) hihi..

data yang saya dapat (ini misalnya ya..)  dari lapangan ketika mensurvei empat tanaman perkebunan tentang penyakit-penyakit apa aja yang nyerang tuh tanaman. pengelompokannya dibagi menjadi serangan virus, bakteri, nematoda, fungi, dan peyakit abiotik.

pada tanaman sawit serangan virus (78%), bakteri(88%), nematoda(23%), fungi(43%) , & abiotik (54%)
pada tanaman karet serangan virus (12%), bakteri (32%), fungi(43%), nematoda(54%), & abiotik (66%)
pada tanaman kakao serangan vieus(23%), bakteri(43%), fungi(54%), nematoda(23%), & abiotik (32%)
pada tanaman kopi serangan Virus (43%), bakter (34%), fungi (43%), nematoda(54%), & abiotik (23%)

nah data itu sekarang saya olah dengan analisa cluster spss
1. open spss (yang saya pake versi 16)
klik variable view.

2. isikan penyakit pada baris pertama & nama nama tanaman pada baris 2, 3, 4, & 5
pada bagian penyakit ubah type numeric menjadi type string

3. kembalikan ke data view
pada kolom penyakit isikan jenis-jenis penyakit yang menyerangnya, pada kolom tanaman (sawit, karet, kakao, & kopi) masukan data yang didapat dari lapangan tadi.

4. klik analyze (ada dibagian atas)

cari yang namanya classify baru diklik hierarchical cluster

5. muncullah kotak kecil seperti ini
penyakit dimasukkan ke label cases, jenis-jenis tanaman dimasukkan ke variables..
lalu klik statistic, tandai yang namanya proximity matrix, trus continue..
selanjutnya klik plots, tandai yang namanya dendogram, lalu continue.. wokeh.. eh klik ok
6. ini dia hasilnya.. tara..
nah udah keliatan tuh kelompoknya patogen patogen tadi..
7.saya lanjutin ngolahnya..
saya mulai lagi dari no.4 dengan mengklik analize>>classify> hierarcycal cluster. lalu say ubah tanda cluster dari cases ke variables. trus oke..

8. ini hasil keduanya..


sampai disini pengolahan data dengan cluster analysis pun selesai... ada pertanyaan?? (hohoho..) :D :D :D

1 komentar: