Selasa, 29 Maret 2011

KLINIK TANAMAN (rumah sakitnya tumbuhan/tanaman)

 SEKILAS PANDANG
ngentri lagi saya..  kali ini tentang klinik tanaman yang jadi ulasan.. dikalangan masyarakat mungkin masih awam tentang klinik tanaman ini.. yah maklum... sejauh yang saya ketahui memang  klinik tanaman belom ada memiliki cabang-cabang disetiap desa-desa.. bahkan dikota pun mungkin ga semua yang punya..
Sejauh penelusuran saya (nanya sama mbah google.. hahay :D) klinik tanaman ini adanya masih sebatas lingkungan kampus + website2(blog-blog) yang menamakan dirinya klinik tanaman (termasuk blog saya ni walopun judulnya ngga tapi isinya ia.. haha ). Yah ini tentunya jauh beda sama kliniknya orang sakit (minimal setiap kecamatan pasti ada). nah loh ini dia mungkin penyebab klinik tanaman masih kurang populer dibanding klinik dll sama masyarakat padahal negara kita negara agraris.. hhe..
okeh..kita awali dari kutipan entri saya sebelumnya "...hmm mudah mudahan lah blog saya ini bisa dibaca semua orang khususnya Petani (biar tepat sasaran) [ni doa nih.. aminkan ya.. ato setidaknya doain para petani beli laptop dan bisa ngenet diladang sambil ngutip tomat ato sambil mbajak, ato sambil merajang tembakau.. jadi semua kendala tanaman mereka bisa diatasin sendiri sama petani... AMIINNN... mudah mudahan terkabul]..." kutipan http://lifetoscienceadventure.blogspot.com/2010/12/phytopathology-adventure.html sekalian mampir.. hhe promosi.).

KLINIK TANAMAN

Klinik tanaman merupakan suatu wadah dimana terjadi suatu pelayanan pada masyarakat yang berhubungan dengan ganngguan pada tanaman yang diusahakannya. Klinik tanaman dapat juga didefinisikan sebagai wadah penyaluran/disseminasi informasi-informasi tentang pengendalian. Melalui klinik tanaman ini petani dan petugas klinik tanaman dapat berdiskusi secara mendalam tentang pengelolaan pertanaman mereka untuk mendapatkan hasil yang sehat dan optimal dengan meminimumkan kerusakan terhadap ekosistem lingkungan. petugas-petugas klinik tanaman sendiri biasanya dilengkapi oleh para ahli dan petugas ( mahasiswa yang magang) yang melakukan penyululuhan  maupun pendidikan di bidang penyakit tanaman.
Fungsi klinik tanaman
klinik tanman itu berfungsi untuk/sebagai:  
1.Menyebarluaskan teknologi PHT kepada petani dan institusi lain
2.Wadah bagi staf pengajar dan mahasiswa untuk menangani permasalahan hama dan penyakit di lapangan
3.Wadah mekanisme respon balik bagi masyarakat tentang apa yang dialami petani dan klien lainnya yang dapat menjadi bahan penelitian dan memperkaya dalam pengajaran di kelas.
 neh skema pelayanan klinik tanaman..

 klo yang ini contoh formulir klient yang ada di klinik tanaman..
 nah klo yang ini contoh label buat si sakit (sampel tanaman maksudnya)
 nih juga contoh nih..

ini salah satu contoh klinik tanaman di negara Bolivia(dari google)


yang ini klient yang sedang membawa sampel tanaman sakit (dari google)

salah satu kegiatan identifikasi di klinik tanaman(dari google)
  yang ini sekedar berbagi aja..

nah itu sekilas tentang klinik tanaman.. klo masi kurang informasi.. datangi aja langsung ketempatnya dikota-kota terdekat dengan kebun/ladang anda.. 
sampe ktemu di lain entri..

2 komentar:

  1. halo gan,
    tetap semangat tinggi ya untuk jalani hari ini ! ditunggu kunjungannya :D

    BalasHapus
  2. haturnuhun ... ya Bang, kami tunggu gambar tanaman sakit yg lainnya. wishing u d best...

    BalasHapus